Visit this site.

Ketegaran dan kesabaran

Seorang ibu merasa khawatir justru ketika anaknya yang baru SMP meraih prestasi lima besar di sekolahnya karena sang anak mengindikasikan meremehkan cara belajarnya. "Dengan belajar yang seadanya saja sudah bisa masuk lima besar, bagaimana jika belajar keras," begitu tutur sang ibu. Ia takut hal ini akan menjadi bumerang. Karena itu ia merasa anaknya perlu mendapatkan bimbingan motivasi.

Pertanyaan ibu ini muncul karena ilustrasi cerita yang saya bawakan pagi ini relevan dengan masalahnya. Tema yang saya bawakan adalah "Ketegaran dan Kesabaran". Ceritanya mengenai seorang anak yang kecewa karena dikalahkan teman-temannya yang curang. Mereka meraih nilai lebih baik karena hasil menyontek. Selain itu teman-temannya juga hidup hanya tinggal belajar, tak terganggu pekerjaan lain. Sedangkan dirinya harus membagi waktu antara membantu ayah-ibunya dan belajar setelah pulang sekolah.

Ada juga pertanyaan bagaimana menghadapi tekanan dari lingkungan sekitar yang cenderung meremehkan dirinya karena tak juga berprestasi baik. Selain itu ada yang menanyakan mengenai cara memotivasi diri jika merasa lelah ketika impian yang sudah diusahakan terus-menerus tak juga mendatangkan hasil.

Sahabat yang Luar Biasa!

Keberhasilan usaha memang tergantung pada banyak hal. Mungkin saja kita terlalu cepat menyerah padahal bekerja keras dengan sungguh-sungguh belum dilakukan sepenuhnya. Ukuran kerja keras itu juga tergantung kondisi masing-masing. Untuk setiap orang sudah pasti tidak akan sama.

Mengenai banyaknya ejekan kiri-kanan, menurut saya, anggap saja itu nutrisi mental yang kalau kita terima dengan sikap positif justru akan memacu kita untuk membuktikan diri bahwa kita pun bisa meraih sukses.

Pintu sukses itu godaannya banyak sekali. Untuk menghadapinya kita memerlukan kebiasaan. Setiap cobaan yang dihadapi adalah latihan untuk menguatkan mental, sekaligus melatih kesabaran. Karena itu kita tak perlu menyerah ketika keberhasilan belum juga kita raih. Tingkatkan lagi kerja keras kita. Untuk meningkatkan motivasi, biasanya saya melakukan afirmasi dengan mengatakan pada diri saya, "Tidak boleh kalah, tidak boleh kalah, tidak boleh mundur!!" Biasanya dengan cara ini akan mendatangkan kekuatan ekstra. Dan jika usaha kita keras, pintu sukses akan terbuka.

Mari menjalani hidup dengan penuh keberanian, keuletan, dan kesabaran.
Andrie wongso 
Salam sukses luar biasa!

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More